Dengan Roster Pada Sebuah Rumah Hadirkan Ruang Tradisional Artistik Unik nan Estetik

By

Dengan Roster Pada Sebuah Hadirkan Ruang Tradisional Artistik Unik nan Estetik

Decorita pasti sudah penah kan mendengar istilah roster? Roster ini adalah salah satu elemen dekorasi dalam desain interior sebuah hunian. Memiliki bentuk yang bermacam-macam ada yang kotak, segitiga, hingga motif daun. Biasanya roster ini dipasang di atas jendela atau pintu atau bahkan diseluruh dinding. Cara penyusunannya yaitu dengan ditumpuk saja dan biasanya membentuk pola tertentu. Kalau di desa-desa biasanya ditata hingga membentuk huruf nama awal pemiliknya, misalnya L atau M.

Fungsi dari roster itu sendiri adalah sebagai pengaturan sirkulasi udara dan cahaya pada suatu ruangan. Roster inilah yang juga bisa menghadirkan sistem sirkulasi udara dalam ruangan menjadi lebih maksimal. Kabar baiknya, roster ini juga mampu mengikuti perkembangan desain interior rumah. Roster ini pun cocok untuk rumah minimalis ataupun maksimalis dan mampu bersaing di era modern ini.

Saat ini, bahan roster pun mulai bervariasi, sehingga roster tak hanya diaplikasikan pada dinding pagar melainkan lebih luas dari itu. Anda bisa memilih roster dari bahan beton, kayu, tanah liat, logam, atau batu alam. Semua itu, tentu disesuaikan dengan desan interior dan eksterior pada sebuah hunian. Roster dengan beragam bentuk dan bahan ini dipasang dalam rangka mereduksi sinar matahari yang dapat menciptakan bayangan-bayangan yang indah. Selain itu, penggunaan roster ini mampu memberikan kesan yang artistik, unik, manis, namun tetap terasa sejuk. Penghuni pun lebih leluasa untuk menikmati pemandangan alam tanpa mengurangi privasi.

Kehadiran roster dalam hunian Anda pun mampu menjadi aksen yang menarik. Dengan itu, sebelum memilih roster yang akan Anda aplikasikan pada rumah Anda, perhatikan dahulu hal-hal berikut ini!

  • Sesuaikan dengan Konsep dan Tema Interior Rumah Anda

Sesuaikan dengan konsep atau tema yang Anda gunakan pada rumah Anda. Dengan itu, akan lebih mudah memilih roster dari bahan apa, sehingga menciptakan satu kesatuan yang serasi. Jika Anda akan mengusung konsep klasik yang terkesan tradisional, Anda bisa menggunakan roster dari tanah liat. Warna merah dari roster ini juga mampu memberikan kesan estetis nan elegan. Jika Anda ingin menghadirkan nuansa natural bisa menggunakan roster berbahan kayu. Sementara untuk konsep ekletik bisa menggunakan roster berbahan logam dengan bentuk yang abstrak.

  • Perhatikan Fungsi Roster

Kedua Anda harus paham terhadap fungsi roster. Karena ini nanti akan memengaruhi bentuk, motif, dan bahan roster yang akan Anda gunakan.

  • Pilih Model Roster yang Multifungsi

Selain sebagai sarana sistem sirkulasi udara dan pencahayaan yang lebih optimal, roster ini juga bisa difungsikan sebagai pemanis dalam ruangan dan aksen sebuah ruangan yang Anda inginkan. Sehingga, pilihlah motif roster yang bisa mewujudkan keinginan Anda.

  • Kekuatan Roster

Tentunya dari setiap bahan roster memiliki kelebihan dan kekurangan. Misalnya, roster berbahan batako lebih kuat dibandingkan roster berbahan tanah liat. Namun dari segi seni dan artistik, roster berbahan tanah liat terlihat lebih memiliki nilai estetika dibandingkan roster berbahan batako. Jadi, itu semua juga bisa jadi pertimbangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like

Hot News